Jumat, 13 Oktober 2017 - 08:23:03 WIB
TREN BISNIS: 300 TKI Siap Diekspor ke Australia hingga Biodiesel Ternyata Berbahaya
Diposting oleh : Humas PTPN V
Kategori: Sawit - Dibaca: 198 kali

JAKARTA - Event pameran dagang terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) yang ke 32 digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Rencananya, pagelaran yang menampilkan sekira 300 produk unggulan dalam negeri itu akan berlangsung selama 5 hari, yaitu dari hari Rabu 11 Oktober hingga 15 Oktober 2017.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) selaku pengelola Barang Milik Negara (BMN) kembali akan melaksanakan lelang BMN yang berasal dari grafitikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lelang ini akan menawarkan hingga 69 barang.

Pada Januari 2016, pemerintah meresmikan program bernama B20. Program ini mewajibkan bahan bakar minyak jenis solar dicampur dengan minyak kelapa sawit sebesar 20%. Sehingga persentase solar dalam penggunaan konsumsi hanya mencapai hanya mencapai 80%.

Sejak dijalankan mandatori pemanfaatan biodiesel 20% ini ternyata masih ada kendala. Saat digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan alat berat.

"Penerapan B20 masih ada kendala terutama terutama untuk kendaraan berat. Kemudian kalau otomotif kendalanya relatif tidak sebesar yang saya sebutkan. Kemudian ada keberatan dari alutsista (alat utama sistem persenjataan) dan lokomotif untuk terapkan B20," ujar Anggota DEN Syamsir Abduh, di Gedung Heritage, Kementerian ESDM.

Dia melanjutkan, yang namanya B20 ada campuran menggunakan kelapa sawit (CPO). Secara teknisnya, CPO itu mengandung gum yang menjadikan ruang bakar menjadi keras.

Untuk itu kendaraan alat berat yang menggunakan B20 membutuhkan biaya ekstra dalam perawatannya. Di mana harus sering mengganti filter yang jika dibiarkan akan menjadi masalah dalam operasionalnya.

"Alutsista juga demikian, kalau tidak diganti bisa mogok. Kan alutsista tidak boleh mogok ketika ada perang. Prinsipnya engine di tes kondisi seperti apa dia kan jalan dengan kesempurnaan. Kemudian teknik blending-nya, juga nanti masuk di ruang bakar, apakah secara simultan dan tercampur," ujarnya.

Sumber:https://economy.okezone.com/read/2017/10/12/320/1794401/tren-bisnis-300-tki-siap-diekspor-ke-australia-hingga-biodiesel-ternyata-berbahaya?utm_source=economy&utm_medium=box&utm_campaign=breaking10




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Garuda Cyber Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Maharga Maharga Maztren Maztren