Jumat, 11 Agustus 2017 - 11:51:59 WIB
Diperbatasan, Petani Jual Sawit Ke Malaysia
Diposting oleh : Humas PTPN V
Kategori: Ekonomi & Bisnis - Dibaca: 604 kali

NUNUKAN –Tandan Buah Segar (TBS) di Pulau Sebatik banyak dijual ke negara tetangga Malaysia. Hampir ratusan ton TBS tiap harinya dibawa ke luar dari Sebatik tanpa ada pemasukan untuk daerah dan negara yang berlangsung sejak lama.

Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit (Apkasi) Sebatik, H. Andi Kasim mengungkapkan, bahwa petani menjual kelapa sawit ke Malaysia bukan hal yang baru. Karena saat ini belum ada pilihan lain untuk petani menjual hasil perkebunan kelapa sawit tersebut.

“Ini untuk kepentingan masyarakat Sebatik juga, jadi hanya satu pilihan untuk dijual, karena lebih mudah diangkut ke Tawau, Malaysia,” kata H. Andi Kasim kepada Radar Nunukan, seperti dikutip prokal.co.

 

Dijual TBS hingga ke ke Tawau, Malaysia bukan berarti bagus, namun lebih menjamin keuntungan. Harga beli tidak terlalu tinggi, karena mengikuti harga internasional. Sehingga, saat ini tetap bertahan untuk menjual TBS kelapa sawit ke negara tetangga.

 

“Jika dijual ke Malaysia disesuaikan dengan umur tanaman kelapa sawit atau sering disebut grade dan selalu stabil,” ujar mantan anggota DPRD Provinsi Kaltara ini.

 

Harga beli TBS kepada petani sering berubah, terkadang ada RM 30 sen  atau setara Rp 1.000 perkilogram. Namun, harga tersebut tidak dapat diambil menjadi patokan, karena dapat mendadak turun hingga RM 20 sen perkilogram. “Harga TBS kelapa sawit tidak bisa ditetapkan untuk petani, tiap saat bisa berubah harganya terkadang naik, kadang juga turun,” tuturnya.

 

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Nunukan, Eko Budi Santoso mengatakan, untuk pembelian TBS kelapa sawit di Sebatik memang tidak sesuai yang telah ditetapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara).

 

“Jauh berbeda harganya, untuk umur TBS kelapa sawit 3 tahun harganya Rp 1.466,06, sedangkan di Sebatik dijual tidak pernah sampai Rp 1.000,” kata Eko Budi Santoso. (T3)

 

 

sumber : http://www.infosawit.com/news/6801/diperbatasan--petani-jual-sawit-ke-malaysia




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Garuda Cyber Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Maharga Maharga Maztren Maztren