Kamis, 10 Agustus 2017 - 10:57:15 WIB
Terkait Resolusi Sawit, Indonesia Sampaikan Keberatan Ke Eropa
Diposting oleh : Humas PTPN V
Kategori: Ekonomi & Bisnis - Dibaca: 379 kali

Manila -Masalah resolusi Parlemen Eropa terkait dengan sawit menjadi hal yang disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, saat melakukan pertemuan bilateral dengan Uni Eropa.

Resolusi yang dikeluarkan pada 4 April 2017 itu menyebutkan bahwa perkebunan kelapa sawit di Indonesia menyebabkan deforestasi dan kebakaran hutan.

Hasil resolusi didasarkan pada hasil studi yang dilakukan Komisi Eropa tahun 2013, produksi minyak kelapa sawit Indonesia menyumbang sekitar 6 juta hektar dari 239 hektar(2,5%) dari sumber kerusakan hutan global.

 Kepada Uni Eropa yang diwakili oleh High Commissioner, Federica Mogherini, Indonesia menyampaikan, pihaknya satu suara dengan Malaysia dalammenyampaikan keberatannya terhadap resolusi tersebut dalam pertemuan ASEAN + Uni Eropa.

 Retno menyampaikan bahwa Uni Eropa sepertinya tidak bisa menangkap data-data saintifik yang telah disampaikan oleh Indonesia."Jadi saya hanya memperingatkan, saya sampaikan bahwa kami tidak satu sayap dengannya," ujar Retno dalam press briefingbelum lama inidikutipLiputan6.com.

 Lebihlanjut, kata Retno, pihaknyatidak sukaresolusisawit, “Kita protes terhadap resolusi tersebut," tegas dia.

 Retno menambahkan, Indonesia akan terus mendekati masalah tersebut dari hasil riset yang telah dilakukan.Sebelumnya pada Juni lalu, Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI meminta delegasi Parlemen Uni Eropa untuk meninjau ulang hasil resolusi yang diterbitkannya terkait minyak kelapa sawit.

 Hal tersebut diserukan oleh sejumlah anggota BKSAP saat menerima delegasi Parlemen Uni Eropa di Gedung DPR RI.(T3)

 

 

sumber : http://www.infosawit.com/news/6799/terkait-resolusi-sawit--indonesia-sampaikan-keberatan-ke-eropa




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)