Senin, 21 Mei 2018 - 13:12:25 WIB
ROTEC,Stabilkan Jalan Kebun Untuk Peningkatan Kinerja Dan Produktifitas
Diposting oleh : Humas PTPN V
Kategori: Sawit - Dibaca: 835 kali

ROTEC membantu perusahaan untuk mempermudah akses jalan kebun, lebih efisien dalam penggunaan material dan jalan yang lebih berkualitas.

Perkebunan sawit tidak terlepas dari pentingnya infrastruktur jalan, kenapa dikatakan demikian? karena produktivitas sebuah perkebunan sawit dan kelancaran pengiriman CPO bisa terlaksana tanpa hambatan, salah satunya adalah mempunyai infrastruktur jalan yang memadai dan secara tidak langsung akan tercipta penghematan dari berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Mayoritas infrastruktur lapisan perkerasan jalan di perkebunan sawit menggunakan bahan batu (base course) dan laterit. Sedangkan dengan bahan-bahan tersebut mempunyai banyak kelemahan dan tingginya biaya perawatan serta membutuhkan sumber daya alam yang cukup besar dan tidak semua perkebunan sawit memiliki sumber daya yang dimaksud

“Maka dalam kesempatan ini kami PT Cahaya Inti Solusindo menawarkan solusi teknik stabilisasi tanah dengan nama produk ROTEC,” kata Michael Gomulya.

Stabilisasi tanah yang dimaksud adalah perbaikan daya dukung tanah terhadap beban kendaraan dan meminimalkan pengaruh air dengan cara meningkatkan nilai CBR sehingga mencegah air meresap ke dalam tanah.

Metode Stabilisasi ROTEC adalah dengan mencampurkan bahan Semen, Tanah dan Rotec membuat butiran tanah dapat mengikat sempurna dengan semen sehingga daya dukung tanah memiliki nilai CBR yang tinggi serta kembang susut yang kecil. Dengan komposisi semen berkisar antara 7-12 % dan Rotec 1 Kg terhadap 1 m3 tanah dapat meningkatkan daya dukung tanah dan nilai CBR yang sangat signifikan. Tebal lapisan Aplikasi ROTEC berkisar 15-25 cm tergantung desain dan perencanaan beban jumlah kendaraan yang akan melintas.

Penggunaan Stabilisasi ROTEC memberikan biaya yang lebih ekonomis , tidak licin pada musim hujan dan mengurangi debu pada musim kemarau. ROTEC berasal dari bahan kimia ramah lingkungan dan tidak beracun. ROTEC banyak digunakan diwilayah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi, ungkapnya.

Sumber : https://sawitindonesia.com/rubrikasi-majalah/profil-produk/rotecstabilkan-jalan-kebun-untuk-peningkatan-kinerja-dan-produktifitas/




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Garuda Cyber Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Maharga Maharga Maztren Maztren