Senin, 14 Mei 2018 - 08:47:34 WIB
Sambangi Uni Eropa, Ini Hasil Diplomasi Sawit ala Luhut Pandjaitan
Diposting oleh : Humas PTPN V
Kategori: Sawit - Dibaca: 162 kali

JAKARTA -  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan diperintahkan Presiden Joko Widodo untuk melakukan pertemuan-pertemuan mengenai kelapa sawit di Uni Eropa. Pertemuan-pertemuan tersebut merupakan bagian dari lobi pemerintah Indonesia menghadapi rencana pengesahan rancangan proposal energi oleh Parlemen Uni Eropa, yang bakal menghapus penggunaan minyak sawit untuk bahan baku biodiesel pada tahun 2021.

“Saya diperintahkan presiden untuk pergi ke Uni Eropa untuk melakukan pertemuan-pertemuan mengenai sawit. Kepentingan saya soal sawit sebenarnya renewable energy-nya dan biodieselnya. Jadi jangan tanyakan kenapa Menko Maritim urus sawit, saya urus biodieselnya, biodieselnya asalnya dari sawit, gitu aja. Supaya clear dulu,” kata Menko Luhut dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Jumat (11/5/ 2018) di Jakarta.

Energi terbarukan dan biodiesel sawit menjadi perhatian Kemenko Maritim karena kementerian teknis bidang energi -Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sesuai Perpres Nomor 10 tahun 2015 berada dalam koordinasi dengan Kemenko Maritim.

Luhut mengungkapkan, isu yang dilontarkan Uni Eropa mengenai masalah lingkungan hidup, deforestasi dan hak asasi manusia terkait sawit telah menjadi perhatian pemerintah Indonesia. Luhut meyakinkan bahwa Indonesia sangat peduli pada lingkungan dan peduli terhadap perlindungan lahan gambut.

“Untuk masalah hak asasi manusia, kita sekarang disclose masalah human rights ini, masalah human rights sudah diselesaikan  sejak saya masih di Menkopolhukam. Jadi saya pikir itu bukan isu lagi,” katanya.

Sementara untuk tudingan perusakan hutan (deforestasi), kata Luhut, dengan adanya kebijakan moratorium maka praktis tidak ada lagi penambahan lahan baru untuk perkebunan kelapa sawit. “Kita sudah moratorium (lahan untuk menanam sawit) sejak 6 tahun yang lalu,” tandas dia. 

Sumber : https://www.infosawit.com/news/8005/sambangi-uni-eropa--ini-hasil-diplomasi-sawit-ala-luhut-pandjaitan




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Garuda Cyber Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Maharga Maharga Maztren Maztren