Senin, 14 Mei 2018 - 08:41:53 WIB
Larangan Biodiesel Sawit oleh Uni Eropa Dibawa ke Komite WTO
Diposting oleh : Humas PTPN V
Kategori: Sawit - Dibaca: 114 kali

 KUALA LUMPUR – Munculnya larangan penggunaan biodiesel sawit di Uni Eropa belum lama ini, menurut Menteri Perdagangan dan Industri Malaysia, Mustapa Mohamed, sebagai pelanggaran potensial terhadap peraturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Ditulis, Channel News Asia, belum lama ini, Mustapa mengatakan bahwa langkah Uni Eropa adalah "usaha yang disengaja" untuk menghalangi akses minyak sawit ke pasar Uni Eropa, selanjutnya pemerintah Malaysia akan mengangkat isu tersebut pada komite WTO pada bulan Maret dan April 2018 lalu.

Termasuk menggalang dukungan dengan negara-negara produsen minyak kelapa sawit lainnya untuk mempertimbangkan "Upaya yang lebih terpadu guna menyuarakan keprihatinan yang tinggi" di hadapan komite-komite di bawah WTO.

Lebih lanjut tutur Mustapa, pihaknya akan memimpin pertemuan para ahli teknis kelompok "Friends of Palm Oil" guna mengeksplorasi tindakan lebih lanjut. Mustapa menganggap, langkah Uni Eropa sebagai "Usaha yang mengkhawatirkan" - bersamaan dengan apa yang dia sebut dengan praktik pelabelan "tidak adil" oleh sektor swasta negara-negara anggota Uni Eropa - akan berdampak negatif pada kehidupan lebih dari 650 ribu petani kelapa sawit di Malaysia.

 "Saya mendesak sektor swasta Eropa untuk bersikap adil dan tidak terpengaruh oleh pemungutan suara di Parlemen Eropa dan sentimen negatif terhadap minyak sawit," tandas dia. 

Sumber : https://www.infosawit.com/news/8011/-larangan-biodiesel-sawit-oleh-uni-eropa-dibawa-ke-komite-wto




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Garuda Cyber Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Maharga Maharga Maztren Maztren