Kamis, 30 November 2017 - 14:27:56 WIB
Produksi Tak Maksimal, Pemerintah Bakal Remajakan Seluruh Kebun Karet
Diposting oleh : Humas PTPN V
Kategori: Karet - Dibaca: 77 kali

AKARTA - Pemerintah akan melakukan re-planting atau peremajaan pada perkebunan karet. Hal ini mengingat tingkat serapan karet alam di dalam negeri jauh lebih rendah dari negara tetangga lainnya seperti Thailand dan Vietnam.

Di Indonesia rasio produksi getah dalam satu hektare hanya memperoleh 1 ton getah, sedangkan di Vietnam dan Thailand dalam satu hektare mampu menembus 2 ton.Ketua Gabungan Pengusaha Karet Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Alex K Eddy menyatakan kondisi ini disebabkan pohon karet yang ada di Indonesia merupakan pohon tua sehingga tak maksimal menghasilkan getah karet.

"Di petani itu kan pohon tua semua, jadi artinya 1 hektare hanya menghasilkan 1 ton karet sehingga luasnya sekitar 3,6 juta hektar di Indonesia hanya menghasilkan 3 juta sekian, jadi sangat rendah," ujar Alex usai melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (30/11/2017).

Sehingga melalui peremajaan perkebunan karet ini menurutnya akan mampu menambah jumlah serapan getah karet. Nantinya sebagian pohon karet secara bertahap akan diganti dengan jenis pohon yang lebih berkualitas sehingga dengan total 1,8 juta hektare diharapkan mampu menghasilkan 3,5 juta ton getah karet.

Untuk pelaksanaannya Alex menyatakan petani akan dibagi berkelompok yang akan dibawahi perusahaan besar.

"Pelaksanaannya ini masih dalam rencana besar, mungkin petani masing-masing dibagi cluster-cluster, nanti ada perusahaan besar yang mengayomi dan itu nanti pohon-pohon tua dibuang separuh dan ditanam yang baru yang bagus, sambil terus berjalan seperti itu," ucapnya.

Peremajaan dikatakan Alex akan dilakukan secara keseluruhan lahan perkebunan karet di Indonesia. Di mana per tahunnya ditargetkan minimum 15.000 hektare perkebunan karet akan diremajakan.

"Ini kan rencana panjang, mungkin 30 tahun, jadi 15.000 hektare setahun itu mungkin bisa semuanya. Re-planting ini di seluruh lahan petani karet yang ada sekarang, jadi bukan perluasan baru," jelasnya.

Dalam hal pendanaan, dikatakan Alex, saat ini masih dalam pembahasan oleh pemerintah, namun dipastikan stakeholder karet akan turut mendistribusi pendanaan dari hasil ekspor karet. Demikian juga dengan waktu pelaksanaan yang belum bisa dipastikan, namun menurutnya pemerintah saat ini tengah serius merealisasikannya.

"Sepertinya sangat serius Pak Menko (Darmin Nasution) sudah bicara dengan timnya dan sudah survei, ini tinggal pematangan. Ini akan berjalan sesegera mungkin,"pungkasnya.

(rzk)

 

sumber:https://economy.okezone.com/read/2017/11/30/320/1823129/produksi-tak-maksimal-pemerintah-bakal-remajakan-seluruh-kebun-karet




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Garuda Cyber Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Grab SEO Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Cyber4rt Garuda Cyber Maharga Maharga Maztren Maztren